Tuesday, December 06, 2005

Brand = "Gue Banget"-> Lebih Gampang?

Berapa lama ya aku udah jadi Copywriter? Setaun di Grey, 2 taun di McCann, 1,5 taun di Dentsu & counting... Wih! Kalo diitung-itung lama juga ya (asal jangan disamain dengan jam terbang CD2 kondang lah :p). Pertama kali punya brand IM3. Inget waktu itu semangat banget ngerjainnya. Sampai ada suatu kejadian (orang? :D) yang bikin suasana jadi bete. Brand2 laen kayanya biasa aja. Toh masih baru. Belom ngerti2 banget sama job des-nya. Pindah ke McCann seneng. Karena megang Wall's ice cream. Waktu pertama kali di assigned ke account ini girang juga. Udah kebayang serunya nyari ide (dan es krim GRATIS!). Ternyata, well...ada benernya juga. Boleh dibilang Wall's is my fave account ever yang pernah aku handle. Ngerjain Paddle Pop serasa jadi penulis cerita anak-anak (cita2 yang belom tercapai ;p). Ngehayal bebas. Akan lebih menyenangkan kalo SEGALANYA mendukung DAN menyenangkan. Tapi ya...nothing is perfect, if you know what I mean. Still, I loved working on this brand. Menjelang taun kedua udah mulai so' milih2. Pengennya megang brand yang sesuai dengan kesukaan kita, (baca: sesuai personality). Kaya, kalo ngga salah kata Bani Tan, my former CD, aku bakal cocok pegang brand kondom ato Viagra :D Pasti lebih gampang dapet ide, lebih gampang dapet insight-nya, lebih seneng ngerjainnya, lebih passionate, lebih gampang ini-itu & 1000 alesan lainnya :)
Kenyataannya? Hmm...sampai detik ini sih aku percaya bahwa ada lah sedikit kebenarannya. Meski masih banyak faktor penunjang laennya kaya dari sisi Client Service & Client-nya sendiri. Buktinya, giliran harus come up with ideas untuk Green Sands, storylines langsung jadi, lengkap dengan alternatif :) Nyari2 reference ato nama event feel-nya beda banget sama nyari buat BNI. Apalagi kalo udah menyangkut tagline. Hadooooh! Nyeraaah!! FYI, tulisan ini inspired by job BNI Syariah yang bertubi-tubi. Well, mungkin sebenernya ngga banyak2 amat :D tapi berasanya lamaaaaa banget selesainya. Gimana ngga! Nyari tagline aja butuh hampir 2 hari! Itu pun tetep ngga menghasilkan karena akhirnya esidiku tercinta turun tangan. Alhasil, dapetlah tagline yang puitis ciri khasnya dia :P Duh..apa jadinya kalo ngga ada Mas Agus :D Ngga bakalan deh copy2 BNI jadi puitis & DALEM kaya sekarang. Copy yang buat aku personally bikin otak berenti sesaat & ternganga-nganga (mulutnya maxudnya) Untuk bisa ngimbangin copy-nya dia sedikiiiiiiiiit aja took me almost 1 year!! :D Bego banget ato emang karena ngerasa "ngga gue nih"? Yah, bank dibanding soft drink buat anak muda, jelas lebih menarik minuman kan? :p Apalagi bank SYARIAH!! :D Many people would probably laughing outloud baca ini soalnya tau aku ;p. "Farika pegang syariah... Hmm... Hmm.. Hmmm... Doesn't fit the picture here...At all!" Gitu kali orang mikirnya. :D Meski sedikit2 sih ngerti juga (ngga percuma lah belajar ngaji dari SD ;p), tapi untuk nemuin ide yang THE ONE tuh susaaaah banget. Apalagi kalo udah ke headline. Shoot me please.... Ngga tau deh whether I'm doing okay ato it's as bad as I think I am. Yang pasti, moga2 postingan ini ngga mempengaruhi appraisal yang akan datang (Mas Gandhi & Mas Agus PASTI baca ini kaaaaaaaaaan? Hehehehehehe) Peace!!

4 comments:

Mister G said...

Bukankah creative person itu kayak detective. Kasusnya variatif. Observasinya multiple angles. Beruntunglah dapet brand yang personalitynya pas. Tapi bukahkah dengan muliple personalities cases kita bisa lebih kaya?
Aaaaaaahhh..terlalu serius komennya. Appraisal? Lha ya akan ngefek...:P

Farika said...

Mmmm...mmmm...mmmm..... (laen kali kalo posting masalah kantor (baca: boss) aku pikir 1000x dulu kali yaaa?? atau di"umpetin") Hihihihihihihi

irwan rouf said...

..cerita anak......menarik juga....huehehehehe....

Akbar Amaru said...

belom pernah megang toko retail kan? cobain deh..mangga dua square misalnya.. :D