Wednesday, March 07, 2007

BALADA KAUM HAWA

Sometimes I (almost) hate being a woman (YES, guys… News flash! I STILL AM A WOMAN. Well, at least in this particular case :P). Katanya makhluk paling sensitif. Tapi ironically, sama hal-hal sensi dalam hidup orang lain, dia bisa jadi makhluk PALING NGGA SENSITIF. & semua berawal sejak kita cukup umur untuk nikah. Cowo? Ah, mereka sih kalo ketemu hal-hal yang begini ngga bakalan dipikirin! Malah bingung kali, kenapa mesti sensi :D Ada 3 ‘kesensian’ yang sering ditanggepin dengan ‘ketidaksensian’ to be specific:

SENSI #1 “Kapan nikah?”
Pertanyaan ini bisa dijawab dengan senyum manis kalo tangan lagi ngegandeng cowo berprospek. Jawaban bisa bervariasi & ‘aman’: “Insya Allah taun depan.”; “Oh, kita mau nyelesaiin kuliah dulu.”; “Nanti kalo tabungan udah cukup.” etc.
Tapi kalo kita belum punya pacar ato punya tapi ngga ada masa depannya, ini yang ribet. “Udah punya calon belum?”; “Kapan nyusul si Neneng?”; “Aduh, buru-buru atuh.. Jangan sampe dilangkahin lagi.” etc. Tawaran demi tawaran pun berdatangan. “Nanti dikenalin sama si Dogol deh! Tajir & udah siap nikah.”; “Sama si Ujang aja. Biasa sih tapi baiiiik deh!”; “Bo, seumur gini sih dapet duda berperut buncit juga udah bagus lah!” etc. Yang kaya gini, paling sering kejadian di acara keluarga atau kawinan temen, di saat hampir semua orang dateng as couples. Tapi tau ngga yang PALING nyebelin menurutku apa? Orang-orang yang dulu manyun karena jomblo, berkomentar PERSIS kaya gitu once THEY got married. Now, where’s that bloody sensitivity go when you need it? Yang ada malah bikin sensi tauu!! Untung SENSI #1 ngga aku alamin. Tapi ngeliat beberapa temen deketku stress karena digituin, sebelnya sampe ke ubun-ubun. They said they just want to help. Yeah, by shutting up their mouth!

SENSI #2 “Udah hamil?”
Nah, begitu SENSI #1 berhasil diatasin, ada #2. Bagi yang mau nikah, ati-ati. Bisa jadi sehari setelah ijab kabul, bakal ada yang nanya: “Gimana? Udah isi belum?”. Kalau belum hamil juga, bulan depannya, & depannya, & seterusnya akan dapet pertanyaan serupa. Pertanyaan ini lebih susah dihindarin karena lokasinya ngga pandang bulu. Bisa di mall, di terminal, di WC, dll. Yang paling nyebelin? Oh, banyak! Contoh: “Belum hamil juga? Aduh sini deh gue ajarin!”; “Posisi lo salah kali! Atau salah lubang!”; “Wah payah lo! Hamil aja ngga bisa!” etc. Untuk kalimat terakhir, orangnya hampir aku gampar. She was lucky coz aku masih inget bahwa kita sekantor & ada kemungkinan kerja bareng. I said some things afterwards & now she never dares to be alone with me anymore. What I wanted was to stick a giant megaphone in her mouth & shove it to her ass! But that’s me :) Other people are nicer.
That’s not all! Orang-orang yang dulunya reproductive challenged, begitu hamil langsung lupa. Malah cerita ini-itu, pamer ini-itu. Ngga inget rasanya dulu kaya apa kalo ada yang cerita. Now, where’s that bloody sensitivity go when you need it? Padahal ada juga kok yang bisa berempati meskipun mereka excited dengan kehamilannya. Begitu ketemu aku, ngga sedikit pun ngomongin calon bayinya, which makes me justru pengen tau & malah nanya-nanya dengan semangat. But the others… They said they’re just being happy. Yeah… Congratz.

SENSI #3 “Udah punya cucu?”
My mom once told me, it will never end. Begitu pertanyaan: Udah punya pacar-udah kawin-udah punya anak-udah punya mantu terlewati, berikutnya adalah: “Cucunya udah berapa?”. Halaaaaaaaaah… Sampe mati kita harus ketemu sama pertanyaan-pertanyaan seperti ini??? Iya kalo anak-mantu sangat produktif sampe bisa ngasih belasan cucu. Nah kalo ngga? Again, akan adaaa aja orang yang dulunya mengalami hal yang sama, tapi ngelakuinnya ke orang laen once they have like a gizzilion grandchildren. Now, where’s that bloody sensitivity go when you need it? But hey! They said they’re just being proud. #$%^%$#!!!

Alhamdulillah SENSI #1 ngga pernah aku alamin & SENSI#2 work in progress :p Suatu hari nanti, mungkin aku bakal berkumpul dengan ibu-ibu yang saling pamer kehebatan & jumlah cucunya. Mungkin saat itu aku juga udah punya cucu. Mungkin juga ngga. Yang pasti aku berharap & berusaha untuk ngga jadi orang yang sebelin saat ini. Dengan ngelontarin pertanyaan-pernyataan yang sangat insensitif.

Semoga aku bisa pegang janjiku ini. Kalo suatu hari nanti I do it otherwise, tolong ingetin ya? Tampar kalo perlu :D


(ditulis dalam keadaan boseeeen setengah mampus karena udah 5 hari terkapar gara-gara tipes)

4 comments:

benewaluyo said...

ga cuma cewek far, cowok juga sebel kalo ditanyain begitu, cuma lebih sering dianggap angin lalu aja biar ga jadi penyakit, hehe...
cepet sembuh ya far... :)

Anonymous said...

wah sensi #1 sih gw yakin lo bisa ngatasin....malah kalo ga bisa bukan lo namanya wakakakaka...mengenai yg ke2...yg bisa gw bilang yang di Atas lebih tahu...so keep trying, don't give ala josh groban hehehehehe.....met sembuh deh far...ivan

Unknown said...

bagus lah kl cowo juga bisa sensi sama soal beginian, Ben :) emang baeknya senasib & sepenanggungan :p

Thx Van :) btw apa tuh maksudnya sensi#1 bisa aku atasin??? :P :P :P

Anonymous said...

wah dah lama gak mampir nih
loh abis typus? ya ampuunn....