Thursday, February 19, 2009

What's in a name

Expect to meet people with new & “exotic” family names years ahead. One of the many things yang aku enjoy doing kalo lagi buka-buka Facebook (selaen stalking status updates :p) adalah merhatiin nama belakang temen-temen cewe yang udah nikah.

Tau dong bahwa (mungkin) sebagian besar orang Indonesia itu ngga pake “official” family name?! Kecuali suku-suku tertentu ya! Like the obvious ones, kaya orang Batak, Manado, or Sangir :) Waktu jaman SMP, aku sering diledekin sama temen-temen cowo. Mereka manggil aku “Anwar! Anwar!”. Pastinya aku nengok dan nyaut dong! Mereka pun terheran-heran. Kok aku ngga bete ato sebel dipanggil pake nama bapaku. Sementara anak-anak laen malah (katanya siiih) ada yang sampe berantem segala karena merasa terhina. Now why would I feel insulted?, I asked. Selaen karena itu emang bagian dari namaku, menurutku cowo-cowo itu cuma cari perhatian aja sama aku si anak baru. Dasar bocah :p Akhirnya sih mereka terbiasa juga sama namaku. Malah banyak orang yang inget banget sama aku salah satunya karena nama lengkapku. Later on they sent me messages in FB or Friendster & asked: “Kamu Farika Rezina Anwar kan?” :)

Naturally, when I got married, I changed my family name & started using my husband’s family name. Aku semangat banget ganti KTP & my name officialy became “Farika Rezina Lawendatu”. Selaen it felt the obvious way to do, I thought the name sounded very cool heheh... Semua hal yang berhubungan dengan nama, aku ganti nama belakangnya. Sebenernya sih kalo di Islam, cewe selalu link sama bapanya ya... Pake binti gitu. Kepikiran juga sih gantinya jadi “Farika Rezina Anwar-Lawendatu” buat nyaingin Jolie-Pitt :p Tapi ko ya panjang benerrr! Dan ribet! So, sudahlah :) The funny thing was suamiku, yang Lawendatu by blood, malah ngga pernah nyantumin nama keluarganya hahaha! Akhirnya sih dia pake :p Itupun berkat dorongan istri hihihihi

Now back to the new family name phenomenon. Aku perhatiin banyak temen ceweku yang nama BELAKANGnya adalah nama DEPAN suaminya. Kenapa? Ya, karena si suami ngga “punya” family name. Kenapa ngga pake nama kedua si suami? Well, I dunno. Banyak juga sih yang pake nama kedua suaminya. Now this is why I think it’s kinda funny. It looks like they would choose which ever fits. Yang kedengerannya paling enak & matching. Ini asumsi aku lo ya! No offense :) Karena aku emang ngga tau pertimbangannya gimana waktu memilih.

Bukti nyata yang aku tau banget sih si neneng yang satu ini. Namanya “Keke Husain”. Suaminya “Rachmad Wiriantoro”. Setelah dia nikah, aku pernah ngirim SMS awalnya gini: “Keke Wiriantoro! Ketemuan yuk!” Eh, ngga taunya nama itu dia tolak mentah-mentah! “Jawa banget! Ngga mauuu!”, kurang lebih gitu reaksinya waktu itu. Yang justru bikin aku semakin seneng manggil dia dengan sebutan “Bu Wir” :p Ujung-ujungnya nama dia sekarang jadi “Keke Rachmad”.

You get my point? :)

So, aku mulai berasumsi yang sangat ngga penting :D Misal nama cowonya “Otong Suryana”. Si istri yang bernama Vanessa bakal milih family name-nya Suryana. Coz “Vanessa Suryana” would sound much, much “better” than “Vanessa Otong”.

Right??? :D


Wednesday, February 18, 2009

Think Before You Speak

Waktu jamannya G(andhi)-Unit berjaya, aku termasuk anak yang paling nempel sama kursi dan meja kerjaku. Paling malesss kalo disuruh beranjak. Ngga jarang jalan ke ruang kerja pa’ bos sambil bersungut-sungut ;)) Waktu masih ngudud (baca: ngeroko ) sih justru sebaliknya. Aku termasuk paling rajin nyari temen, pecicilan kesana-kesini. Tapi sejak sebatang rokok tergantikan oleh batangan coklat, all I needed were my Mac & my comfy chair.

Si Ipz termasuk yang paling rajin maksa aku untuk bergerak. Triknya macem-macem :p Sementara menurut mas Agooos sih kemalasan aku untuk bergerak ada hubungannya sama ukuran gembolanku, yang membuat si empunya senantiasa nyaman duduk dimana saja hkhkhkhkk... Kebiasaanku ini berlanjut sampe hari terakhir aku masuk kerja :D Dan gara-gara kebiasaanku ini juga, aku termasuk anak di kantor yang dijuluki “autis”. Dan sejak pertama kali denger julukan itu, aku ngga suka.

Autism is a brain development disorder. Gangguan perkembangan yang berat. Orang yang menyandang autism, apalagi anak-anak, udah pasti hidupnya berat. Juga buat orang-orang yang ada di sekelilingnya. Keluarganya. Teman-temannya. Autism is not something that is funny. It’s not a joke. It’s not a cool way to call your friends with. It’s a serious & sensitive matter. No, alhamdulillah I don’t have any (close) friend or relative yang menyandang autism. Kenal sama orang yang “berhubungan” dengan autism juga ngga. Tapi ngga berarti aku bisa seenaknya mengumbar kata “autis” & bersikap seolah-olah itu adalah sesuatu yang lucu kan? Yang bikin sedih juga adalah kata autis itu makin lama ko makin happening ya?

Mungkin sebenernya biasa aja. But everytime I hear somebody using this word out of the context, I couldn’t help to imagine gimana perasaanku kalo denger orang teriak “Ah, dasar autis lo!” atau "BB bikin gua autis banget nih!" dengan nada ngeledek & ketawa-ketawa, sementara somebody I know or love is suffering from autism. Sedih? Pasti. Marah? Mungkin juga. Sebel? Hell, yeah!

Ah... I don’t know. Maybe it’s just me who’s overreacted. Yang pasti, I would never use that term just because lagi "in" sekarang ini. And my heart goes to all autistic children in the world... *hugs*


Tuesday, February 03, 2009

Tagging Kurang Penting

001. Real name Farika Rezina

002. Like it? Farika-nya iya. Tapi paling sebel kalo dipanggil Rika.

003. Nickname(s) Ita, Friki, Friks, Dodol, ... Lumayan banyak juga...

004. Status → alhamdulillah happily married :)

005. Zodiac sign kepiting

006. Male or female a little bit of both :D

007. Elementary HS In der Krim Vienna

008. Middle School SMPN 4 Bogor

009. High School SMAN 5 Bogor

010. Hair color item

011. Long or short short yang udah mulai long (which reminds me... I have to get a new hairdo)

012. Eye color menurut pasport sih dark brown

013. Weight 60. still have to lose the remaining baby fat *sigh*

014. Height 154 cm.

015. Righty or lefty → kanan

017. Sweats or Jeans jeans

018. Phone or Camera plis deh! hari gini phone tuh berkamera tauuu

019. Health freak deep down inside iya tapi ngga pernah olahraga :D

020. Piercings? tadinya 3, trus jadi 2. sekarang ngga ada

021. Do you have a crush on someone? what, like now??

022. Eat or Drink → i'm a food lover

023. Purse or Backpack backpack! lebih seneng ngga bawa apa-apa

024. Tattoos soon, baby... soon :D

025. Do You Like Yourself? what's not to like :)

026. Current worry? → kukka kebangun gara-gara bapanya berburu nyamuk pake raket listrik


THIS OR THAT:

027. Orange or Apple Juice? orange

028. Night or Day? siaku si anak malam

029. Sun or Moon? sejak taun 97 punya hubungan yang spesial sama si bulan ;)

030. TV or Internet? internet!!!! can't imagine life without it

031. PlayStation or XBox? → wiiiiiiiiiiiii!!!

032. Kiss or Hug? life without a kiss should not be called life

033. Iguana or Turtle? turtle aja

034. Spider or Bee? kenapa pilihannya ngga ada yang cuddly sih?

035. Fall or Spring? fall. cuacanya enak buat peluk-pelukan *hugs*

036. Limewire or iTunes? dua-duanya saling mengisi

037. Soccer or Baseball? if i have to choose... soccer!


FIRSTS:

038. First surgery operasi amandel

039. First piercing kuping aja. di matahari dept store bogor waktu TK

040. First best friend siapa ya?

041. First Sport? can't remember. senam kali ya?

042. First award juara gambar pemandangan hkhkhkhkkk

043. First crush don aufar :))

044. First pet my bunny, bimbi

045. First big vacation keliling US & europe with my dad & big sister

046. First big birthday bday ke 1, masih botak heheh...


CURRENTLY:

047. Eating scrambled eggs campur kecap & opor ayam

048. Drinking nĂ¼ green tea & amidis

049. I'm about to take a shower

050. Listening to AC kamar breezing

051. Singing? the only thing that sings sekarang is my tummy :D

052. Typing? questionnaire panjang & menyenangkan ini heheheh thanx to tika

053. Waiting for my husband to quit playing travian so that we can spoon sampe pagi :D


YOUR FUTURE:

054. Want kids? already have one & definitely want more :)

055. When? more-nya? insya Allah kalo kukka 2 years old deh ;)

056. Want to get married? → kinda already took that plunge :D

057. When? 6 maret 2004

058. Where Do You Want To Live? di sebuah beach house mewah tapi cozy ala film2 hollywood

059. Careers in mind serious yet fun loving writer hihihihihi

060. What Did You Want To Be When You Were Little? pemaen piano di hotel

061. Mellow Future Or Wild? liar terkendali :D

062. Something You Would Never Try? kill someone


WHICH IS BETTER WITH GIRL/BOY?

063. Lips or eyes lips... eyes... eh lips! can't i have both? :D

064. Shorter or taller? short hayu, tall alhamdulillah

065. Romantic or spontaneous spontanitas yang romantis

066. Nice stomach or nice arms → nice firm sexy butt. boleh kan? :D

067. Sensitive or loud maksudnya apa?

068. Hook-up or relationship tergantung sikon & umur heheh

069. Trouble maker or hesitant bad boys are (unfortunately) by nature more fun :)

070. Hugging or Kissing? kissing tapi kenapa sih harus dibikin pilihan!?!?! damn you, questionnaire maker!!

071. Tan Skinned or Light? tan. kalo light kata my mom kaya ayam dicabutin bulunya hihihih

072. Dark or Light Hair? anything

073. Muscular or Normal? muscular di bagian-bagian tertentu


HAVE YOU EVER:

074. Lost glasses/contacts lost my glasses once. itupun karena dicuri *hiks*

075. Ran away from home sejam dua jam aja :D

076. Held a gun/knife for self defense? belom pernah tapi pengen banget belajar nembak nih!

077. Killed somebody hell no

078. Broken someone's heart nggg.... never?? :D :D

079. Been arrested weleeeh jangan sampeee

080. Cried when someone died yes...

081. Kissed A Stranger? kapan nih maksudnya? :D

082. Climbed Up A Tree? waktu TK-SD hampir tiap hari manjat pohon jambu

083. Liked A Friend As More Than A Friend? lebih sering terjadi the other way around


DO YOU BELIEVE IN:

084. Yourself yes

085. Miracles sometimes

086. Love at first sight kinda :)

087. Heaven sure!

088. Santa Claus sorry, but no :)

089. Kiss on the first date why not :p

ANSWER TRUTHFULLY:

090. Is there one person you want to be with right now swamikuuuuuu!!!!

091. Do You Like Someone? pastinya

092. Are you seriously happy with where you are in life can't complain much :) alhamdulillah...


LASTS

094. Received/Sent Text Message keke/keke

095. Received Call swami

096. Call Made? mom

097. Comment On MySpace? udah lama ngga buka myspace

098. Missed Call? swami

099. Person You Hung out With? → swami lagiiiiiiiii!! :)


DONE!! pengen nge-tag aaaaaaah


1. si eneng keke

2. si calon pengantin ecky

3. dinda jou

4. si ipz


Kasih tau ya kalo udaaaah hihihi kurang penting banget!!