Tuesday, March 02, 2010

English Speaking PRT

Sejak Kukka berumur 1 taun, aku & Ica sepakat untuk nerapin ESL (English as Second Language). Yang artinya, aku harus konsisten & eksklusif bicara pake bahasa Inggris sama Kukka, sementara sama yang lain pake bahasa Indonesia, termasuk sama bapanya. Dulu sih rencananya aku mau ngajarin bahasa Jerman, Ica yang bicara pake english. Tapi karena takut Kukka bingung, ya udah kita stick sama english aja dulu. Lagipula ibunya udah kurang fasih Jerman-nya karena udah lama ngga punya temen ngobrol :(

Alhamdulillah sepertinya Kukka termasuk anak yang cepat bisa bicara. Emang anaknya pada dasarnya napsu banget pengen bisa ngomong, sebelum setaun pun udah bisa ngomong “Apa” & “Bapa”. Soal ini, aku patut berterimakasih sama PRT-ku, Mela, yang sehari-hari juga ikut ngurusin Kukka. Untung banget Kukka punya mba yang banyak omong. Kalo mereka lagi berdua, rumah ngga pernah sepi. Selalu ada aja yang “diobrolin”. Dan yang bikin aku seneng, Mela bicaranya seperti ke orang dewasa. Ngga pernah pake bahasa yang di”anak-anak”-in. Normal aja. Kalo ngajak Kukka ngelakuin sesuatu, Mela juga ngejelasin benda, keadaan, cara kerja & segala sesuatu yang ada di sekeliling. Makan ato minum, Kukka diingetin untuk ngomong “Bismillah” & “Alhamdulillah”. Dia juga ngajarin Kukka Iqra, meski baru sampe tahap “Ba” & “Tsa” :) Lucky me punya PRT yang ngga hanya beneran sayang & care sama Kukka, tapi juga tergolong pinter.

Mela punya rasa ingin tahu & semangat belajar yang tinggi. Salah satu contoh, kalo abis makan di restoran, diem-diem dia perhatiin & “meneliti” rasa makanan yang aku pesen. 2 hari kemudian, makanan yang persis sama udah terhidang di meja dengan rasa yang lumayan enak. Nah, kalo aku bicara ato bacain buku ke Kukka, aku notice dia juga merhatiin dengan seksama. Lagu-lagu anak-anak yang biasa aku nyanyiin buat Kukka, dia simpen di HPnya & nyoba untuk ikutin nyanyiannya, based on what she's hearing. Buku-buku Kukka dia coba baca juga. Setiap kali nemenin Kukka nonton Barney, dia juga suka ngulang kata-kata yang ada di film itu. Sebenernya dulu Ica pernah bilang sama aku untuk sekalian ngajarin Mela english. Waktu itu aku iya-iya aja sambil mikir dalem hati “Ngga usah deh... Nanti ngga bisa ngomong rahasia-rahasiaan lagi sama Ica.” Hihihihi....

I should’ve known better karena pada suatu pagi Ica & aku denger Kukka lagi main sama temen barunya di lantai bawah. Ngga berapa lama kita pun turun. Eh, si temen baru itu ternyata udah ngga ada. So I asked “Where’s your friend, Kukka?”. Dan dari belakang Mela nyaut dengan santai “Udah pulang tadi.”

Wekweeeeeeeeeew!! :))) Ica melongo, aku cengar-cengir kaget. “Gawat juga nih kalo si Mela bisa bahasa Inggris! Kamu harus mulai ajarin aku Jerman, yang!”, kata Ica yang masih takjub sama jawaban Mela.

Heheh... Ternyata lumayan juga kursus Inggris “kelas conversation” aku ini. Ibarat sekali tepuk, dapet 2 nyamuk :))


5 comments:

Queerine said...

wakwaw.. haha keren far

Dwi said...

In English, please.. Hihihi..

Herny said...

Bagooss bgt ka !!..
Biar cas..cis..cus ..ntar kalo ngomong ..
Tp jgn ngomong english ya kukka.. kl ketemu aunty nie ya..lieurr soalnya..whkkk

ivan said...

pantes kmrn gw ajak ngomong bhs indo cuman cengar-cengir hehehe

Farika said...

@queerine: heheh dilematis sih sebenernya :D

@dwiiiiiii!! denger-denger... bener ngga? pengeeeen! :D

@herny: ah aunty nie juga pasti jago ko english-nya :)

@ivan: si oom nih ah kurang tanggap siiih :p