Monday, December 12, 2011

A Valuable Heritage From The Inlaws


Bapa-ibu mertuaku punya anak 5. Cowo semua. Ganteng semua. Baik hati dan tidak sombong semua. Rajin menabung dan mengaji...mmm...ngga tau ya :p Tapi yang bikin hati makin luluh, lima-limanya sopan semua. Apalagi untuk ukuran cowo. Mau ke orang tua, muda, perempuan atau laki, suamiku dan kaka-adenya ini sangat santun. Seumur hidup sampe sekarang, belum lagi tuh ketemu sama cowo-cowo model begini.. Kalo bertatap muka, pasti nyapa dengan sopan, ramah plus senyum yang manis dan serius tulus. Konon kabarnya, senyuman maut inilah yang bikin banyak cewe klepek-klepek dan jatuh-bangun :p Kalo ngejawab telepon juga kedengerannya enak dan ramah. Senyumannya pun “kedengeran”, bikin pengen nelepon berlama-lama :))

Nah, setelah pacaran dan sering ke rumah Ica, aku nemuin satu lagi “fenomena” yang bikin aku mikir “Ah, nanti kalo punya anak mau diajarin gini juga!”. Fenomena yang sebenernya basic dan sangat sederhana, yaitu menyapa. Bapak, Ibu, anak-anak dan seisi rumahnya selalu memulai hari dengan saling menyapa “Pagi, Bapak. Pagi, Ibu.” Atau kapan pun kalo mereka baru ketemu hari itu. Awalnya aku agak canggung karena di rumahku ngga ada kebiasaan seperti ini. Dan aku pun harus ngasih tau ke orang-orang sekitar tentang kebiasaan keluarga Ica ini dan supaya sama-sama sopan, mereka pun sebaiknya ngelakuin hal yang sama kalo ketemu Ica. Setelah ngga begitu lama, aku pun jadi terbiasa. At first it felt like an obligation. But then it became like it was the most natural and a nice thing to do when I meet other people. 

Begitu udah nikah, punya rumah dan staf sendiri, urusan sapa-menyapa ini jadi salah satu hal yang paling ribet :)) Setiap ganti supir, PRT, tukang kebon dll, mereka harus di-brief dulu soal kebiasaan Si Bapbap ini. Sama seperti aku dulu, awalnya mereka bingung, malu dan canggung. Ini semakin membuktikan pendapatku bahwa kebiasaan sapa-menyapa ini ngga begitu banyak yang nerapin. Ngga jarang udah liat-liatan, mereka masih planga-plongo dan malah berlalu :)) Ada juga yang harus kena tegur Ica dulu baru mereka mau nyapa. Bukan masalah siapa yang duluan nyapa ya.. Ngga berarti dia supir terus HARUS nyapa duluan terus kita diem aja. Ya yang sewajarnya aja lah..

Nah, sejak Kukka udah bisa berinteraksi sepenuhnya dengan orang lain, kita juga mulai ngajarin dia untuk menyapa. Tentunya kadang-kadang kita harus ngingetin. Ngga jarang juga dia mogok nyapa. Dasar bocah. Tapi alhamdulillah makin hari, Kukka semakin manis. Begitu keluar kamar, kalo dia liat ada crew di sekitar, meski dengan mata setengah melek dia bilang “Pagi, Mas Muw. Pagi, Mba Santi. Pagi, Mas Wondo.” Sore-sore kalo keluar kamar abis bangun tidur, dengan manis Kukka bilang “Sowe, Mas Muw!”. Kita juga ngebiasain Kukka untuk selalu bilang terima kasih dan maaf ke siapapun. Alhamdulillah kalo nerima sesuatu, Kukka bilang “Thank you!”. Kalo nolak ditawarin sesuatu, Kukka jawabnya “No thanks!”. Kalo salah, even to her pet, she says “I’m sowwy, Kwazii!” :))

Seneng dan bangga rasanya liat Kukka kaya gitu. Aku juga yakin para mas dan mba di rumah pun ngerasa seneng, feel welcomed and appreciated. Nah yang bikin aku tambah seneng lagi, udah beberapa kali aku nguping para crew di rumah saling menyapa satu sama lain dengan suara riang “Pagiii!”. Padahal mereka ngga tau lho ada aku di deket situ.. Jadi mereka saling menyapa itu memang atas kesadaran dan kemauan sendiri. Crew ini tergolong formasi baru tapi sepertinya (SEMOGA) mereka cocok satu sama lain dan semakin hari semakin akrab. Semoga kebiasaan yang aku dan Ica terapin di rumah bisa bikin rumah kita tambah nyaman dan penghuninya tambah akrab dan betah. 



Opa and Neti and the grandkids: The Complete Collection :))


Terima kasih banyak atas ajarannya ini, Bapak dan Ibu. 
Semoga kebiasaan manis ini terus diterapkan oleh anak-cucu kami :)




5 comments:

Indy Mariska Waani said...

Setujuuuww... Miss you all, girls! *group hugs* :))

Hara Indah said...

Keluarga Lawendatu keluarga favoritkuu.. :)

Danty Kasim Pradhitia said...

Alhamdulillah for all the blessing we have, Insya Allah for the rest of our live and in the next live. Hope we can continue to give the best for our children. Take the good things, and make the unsuitable one as a lessons to make us better. So great to meet n have in-laws like all of you.. Love n kissess.. Big hug too..

Yussy Lawendatu said...

Huhuhu... Setujuhhhhh sekaliiii tante ita ☺. Smg anak cucu kita spt itu:*

uwie said...

Alhamdulillah..ϐ¹ŝα dapet pelajaran berharga! Thanks tante ita :)