Tuesday, April 25, 2006

Lagi jobless ya?!

Selama 5 taun aku kerja, selama itu juga aku merhatiin yang terjadi di sekelilingku, sebagian besar orang bakal sebel ditanya kaya gitu. Biasanya begitu ada orang yang ngomong setengah nuduh "Eh, elo lagi jobless ya?! Enak banget!", otomatis si orang yang dituduh langsung defensif. Dengan muka sebel dan sedikit nyolot, langsung deh nyerocos. Nge-break down sekian kerjaan yang masih pending dan pastinya lengkap dengan deadline-nya yang super mepet. "Enak aja! Banyak banget nih kerjaan gue! Masih harus ngelayout ini, nyari ide buat itu, revisi copy Print Ad kemaren yadiyadayadiyadayadiyada!!" Pokoknya dia orang paling sibuk di dunia deeeeh! Bahwa sekarang yang dituduh lagi maen game, browsing situs ngga penting, chatting atau....blogging ;p, bukan berarti lagi jobless tauuuuuuuuuuuu! "Gue lagi istirahat bentar doang niiiiiih! Jarang-jarang gue bisa begini!". Gitu kali kira-kira yang ada di kepala si tertuduh. Intinya ngga sudi banget dibilang jobless. Padahal bisa jadi yang nanya tuh sekedar nunjukin perhatiannya aja, bahwa kamu yang biasanya sibuk sekarang lagi santai, good for you. :D
Padahal bisa jadi emang si tertuduh lagi ngga ada kerjaan. Kenapa nyolot? Hmm...mungkin karena takut dikasih kerjaan baru ya? Secara ketauan lagi kosong. Ya kan?? Ngaku aja deh! Pasti pernah deh (atau sering) ngalamin kejadian kaya gini. Dan coba inget-inget lagi (plus harus jujur sama diri sendiri!), mungkin 90% jawaban kamu selalu defensif. Aku juga dulu gitu kok! Yang paling ngeri kalo ketauan lagi blogging :D Tapi setelah dipikir-pikir, kayanya cemen banget sih ngaku ngga jobless??? Udah jelas-jelas lagi "senang-senang", kok ya ngakunya banyak kerjaan?! Trus udahannya pasti ketauan. Soalnya begitu postingan di-publish, bos-bos pasti bakal baca juga. "Nah ya, si Friki abis ngeblog. Berarti dari tadi dia ngga kerja!" :p Ampun, maaaaaaaaaas!!! Eh, tapi kalo dipikir-pikir lagi, aku jobless ngga jobless tetep blogging kok.. Is it a good thing or bad thing? :D Kalo ketauan chatting, itu laen lagi urusannya. Bisa purely business. Soalnya aku pake media YM untuk nanya-nanya soal kerjaan juga ke yang lagi on line, paling sering sih ke abangku :) Ngga pernah bosen dia ku jadiin kamus berjalan (Love you sooooo, much, 'Za!). Kalau Art Directors mungkin sedikit dag-dig-dug kalo ke-gep lagi upload kerjaan yang dia anggap spektakuler di Deviantart :D Itu juga udah jelas-jelas bukan kerja. Secara itu juga ajang buat pamer sekalian jualan siapa tau laku di agency mana gitu ;p Trus telinga jadi peka. Begitu ada bunyi-bunyian dari ruangan si boss yang naga-naganya bakal menuju ke tempat kita, buru-buru deh ngeklik situs penting atau netral kaya Yahoo. Trus mulai sibuk "kerja lagi.
Tapi emang ngga enak banget ya ditanya kaya gitu. Apalagi kalo kita beneran lagi sibuk berat. Sebel banget kayanya. Pengen ngebales dengan nyolot "Huuuu! Emang eloooo!" Itu juga sebabnya aku berusaha banget untuk ngga pernah ngomong kaya gitu. Tau ngga enaknya sih! Kalaupun purely mau nanya, mungkin harus pinter nge-rephrase jadi lebih halus kaya "Eh, tumben nih kosong! Biasanya kamu sibuk terus!" Tapi kalo ngga, ya pinter-pinter aja deh me-manage diri. Psssst... Tips kalo emang pengen keliatan LLB (Look Like Busy) setiap saat, yang paling oke tuh dimulai dengan beli kaca spion kecil, teman-teman! Trus tempel di atas monitor. Lokasi duduk kamu kurang strategis jadi ngga begitu masalah. Belinya gampang, di Ace Hardware banyak kok! Murah lagi! Ngga usah yang besar-besar. It's too obvious. Beli 1 pak kecil yang isinya 2. Jadi bisa bagi-bagi sama partner. Terbukti sangat berguna buat aku. Ini juga berguna banget buat kalian yang sering dikirimin gamjor :D So, good luck ya! Have fun chatting, blogging, flaunting and of course working! Just don't tell your boss you got the idea from me ;)
Mmm... Eh, Mas Gandhi... Heheheh.. Eh, Mas Agus... Aku...lagi...istirahat bentar, Mas! :D

5 comments:

Anonymous said...

hahaha cuek aja lagi freak, selama gawean kelar... gua si cuek... that's what we do in advertising anyway, it's a fun creative business, so lets! apalagi kalo jobless ya enjoy aja, karena kalo lagi ada kerjaan, emang petinggi2 itu sekian pedulinya kalo kita ampe ngejoprak kena lever hehehe.. its our life and its meant to be fun!

celotehalia said...

Gue gak mau komen ah...
ntar ketauan lagi jobless... hihhihihihihihi
:D

B-a-r-r-y said...

paling pinter ngeles.. :D

Farika said...

Pheeeeeeew! Ternyata temen joblesanku banyak juga ya? Hihihihihihihihi

iwan paul said...

tips lagi. nerusin yg punya tasya. biasain pake tombol "alt" dan "tab" (pencet alt dulu, trus pencet tab tanpa melepas alt). itu lo bisa secepat kilat mindahin dr YM ke window "kerjaan" yg lg lo buka. jd lo gak perlu meraih mouse lagi. hehehehehehe.. ;p