Tuesday, February 14, 2006

Too much info will kill you?

“Gue sih mending ngga usah tau deh kalo ternyata laki gue selingkuh! Hih! Amit-amit! Mending gini-gini aja, sayang-sayangan. Kalo kebanyakan tau ntar jadi curiga melulu bawaannya!” Kata temenku, seorang istri & ibu 1 anak.

“Aku sih males cek kesehatan. Nanti ketauan deh penyakitku banyak. Malah jadi stress! Mending jalanin aja! Kalo nanti tau-tau sakit, yaaaa….. Hihihihi!” Kata temenku, cowo, yang gaya hidupnya termasuk ngga bisa dibilang sehat.

“First of all, we GOT to get you off the internet!” Kata Huff, psychiatrist di serial HUFF di HBO ke pasiennya yang sinting. Si pasien “terlalu” banyak tau tentang penyakitnya & obat-obatan yang harus dia minum, akhirnya salah minum obat karena so’ tau & tetep jadi violent.

"Gue sih males baca ato nonton berita tiap hari. Too depressing. Tiap hari pasti ada yang dibunuh, dirampok, perang, meninggal kelaparan. Bawaannya jadi sedih sekaligus marah tapi ngga bisa ngapa-ngapain. Mending ngga usah tau lah sama sekali!" Kata temenku, cewe, yang sebenernya termasuk orang yang caring.

“Udah lah ngga usah terlalu serius nyari info soal masa subur, posisi sex paling efektif supaya hamil, apa sih TORCH & penyakit-penyakit lainnya itu! Mendingan usaha terus. Berobat ke dokter & have sex as much as you can!” Kata aku ke diri sendiri, cewe yang menganggap internet itu dewa-nya informasi, nyari tau sampai ke hal yang paling ngga berguna sekalipun, sampe akhirnya depresi sendiri karena terobsesi pengen cepet-cepet hamil. Ngga jauh beda sama pasiennya si Huff. Heheheh!

Dilema. Mending tau apa ngga tau? Kalo ngga tau, bisa nyesel belakangan begitu tau. “Tau gitu gue bakal ini itu ini itu ini itu blablablabla.” Teruuuus aja berandai-andai yang pada akhirnya toh ngga bakal kejadian juga karena terlambat. Kalo tau, jadi kepikiran terus sampe akhirnya stress & deg-degan ngga karuan. Begitu tau tambah terpuruk. Jadi gimana dong???? :D

7 comments:

Alia said...

Saat pacaran, buka mata selebar-lebarnya.
Pas nikah, belajar untuk tutup sebelah mata.

Kadang2 sih kita emang gak perlu tahu semuanya, tapi kalo udah ambil sikap begitu.. yah konsekwen aja.
Gak usah berandai-andai if if if..
malah tambah sakit ati :)

Just let go and go with the flow.

Mister G said...

nonton Huff yang dikejar-kejar pasien yang naksir dia itu?

Farika said...

Nah itu dia maksudku, Mas! Si Lara Flynn Boyle itu! Nonton juga juga ya? Heuheuheuheu

Akbar Amaru said...

truth hurts isn't it?

Mister G said...

truth is outhere...x file

Barry said...

Keputusan yang terbaik hanya bisa didapatkan karena pengetahuan yang memadai. Orang yang tahu banyak tentunya dituntut untuk lebih bertanggung jawab. At least that's how I feel ;)

papahnya syifa said...

Setiap orang pasti punya filter buat semua informasi yang masuk. Mungkin ini naluriah ya. Hingga bisa jadi info senegatif apapun kalo udah difilter bisa jadi info positif.