Tuesday, November 04, 2008

Alasan AE kalo brief-nya diprotes Kreatif

1. "Abis bingung sih bikin brief-nya gimana."
2. "Client belom ngirim product knowledge-nya. Nanti ya? Mba bikin aja dulu."
3. "Nah, kita juga bingung si client tadi maunya gimana."
4. "Tau tuh! Client yang itu emang begitu."
5. "Iya nih! Biasa deh! Client sendiri ngga tau maunya apa."
6. "Udah ditanya kok ke client... Tapi belom dibales e-mail-nya."
7. "Isi brief ini persis kok sama yang tadi diomongin client. Plek ketiplek."
8. "Tadi client ngomong sih aku nyatetnya gitu. Mba nyatet juga kan? Minjem dong!"
9. "Client-nya emang bego, Mba..."
10. "Sori, mba! Abis aku sibuk banget sih... Semua brand lagi jalan. Jadi ngga konsen deh hehehe..." (kata si AE sambil YMan, FSan, FBan, SMSan, foto2an)

And the list continues. Creative, care to share more? :p


18 comments:

Si Kreatif said...

suatu siang di sebuah ahensi. terdengar slentingan obrolan AE ke klien by phone:

"Kreatifnya susah sih dibilangin.. padahal aku udah brief sesuai dengan brief yg ibu kasih"

lempar batu sembunyi fantat! wakaka..

Anonymous said...

Dateng siang, nyalain komputer, nyalain YM, Chatting, buka facebook, buka FS,check email (itupun ngecheck notification dari FS/FB/Plur dll), makan siang, balik lagi ke kantor jam setengah 3, jawab pesan2 di YM yg ga kebales karena ditinggal makan siang, check email, nyalain YM, telpon temen, gosip, buka facebook, buka FS, pulang cepet.

indonnesiabertindak said...

Itulah sebabnya AE tidak termasuk dalam Creative Dept , :))

conteuse said...

nah, jadinya pas kreatif bikin eksekusi yang gitu-gitu aja, kamipun akan berkilah:
"Lah.. pan yang lo tulis di brief emang maunya gitu doank"
"Lagian AEnya sih, nge-briefnya ga jelas"
"Salah sendiri briefnya ga inspiratif"

and the bla...bla...bla...

(intinya, alasan! huehehehe)

Anonymous said...

11. Ya, pokoknya gitulah:P bikin aja yang kreatip!


::son of mount malang::

masih jadi client service said...

kasihan mbak farika ya... ketemunya sama client service yang tidak sesuai harapan... mungkin cuma yang modal tampang dan pinter gaul/ pinter ngomong... tapi gak ber-esensi.

tapi banyak juga koq client service yang dedicate.

dan mungkin perlu diketahui (dan kalo berani dicoba),
selain main job-nya, pritilan tetek bengek yang di-urusin banyak...

apalagi di agency kecil..., merangkap-rangkap jabatan... baik yang tersurat maupun tersirat...

kreatif kan enak... strategi udah disiapin strat plan & CD, tinggal explore ide... fokus! meski turunan banyak, tapi big idea-nya kan udah kepegang.

kalo outputnya bagus kayak team-nya mbak farika (dulu hehe) sih gpp... banyak juga kreatif yang udah manja, ngomongnya muluk-muluk, tapi outputnya... mak plenyikk :)))

sekarang kalo problemnya dibalik gimana...
kalo brief meleset, account service dimaki-maki.
kalo brief udah bener tapi out put kreatif gitu-gitu aja... akhirnya gak laku dijual ke klien...

mister::G said...

mbak farika sabar yaaa...
1. bersukurlah tanpa brief yang bener masih bisa bikin output bener
2. itulah kenapa gaji kreatif...(kabuuuur....)

hodo said...

12. Deadlinnya ASAP.

keke said...

13. Aku ga' gitu ngerti, tapi mba bikin aja dulu, secara tadi ikut juga kan pas briefing...

14.Pokoknya kita harus bikin 360 degrees ya... Walaupun client lagi engga ada duit, tapi paling engga kita bikin aja lah BIAR CLIENT SENENG

hodo said...

15. Thanks yah guys......

Farika said...

si kreatif: sesuai sampe ke titik koma :P

anonymous: hmm.. hmm.. hkhkkhkhk...

indonesiabertindak: hehehe yaya betul... kalo termasuk, dijamin tim creative-nya ngga ada yang betah di kantor :D

conteuse: padahal bisa jadi creative-nya pemalas heheheh

anak gunung: yang ngomong gitu sapa, jat? :p

masih jadi CS: sepertinya aku tau siapa kamu :)

GS: tapi gajiku ngga pernah bikin sampe harus kabur, mas... :D

hodo: like...in 2 hours? :D

keke: you do realize this posting is dedicated for you, rite? :p

hodo: hahaha sambil nyogok pake makanan

linda doodoh said...

Hahaha... emang gitu yah orang AE... nggak bla... bla... bla.. langsung ngomong DEALINE ASAP! Nggak ngerti n belom jelas maunya Client opo!
;))

aryosaloko said...

nih dia bintangnya AE:

1. klien udah suka banget sama konsep kita... cuma mereka minta alternatif visual sama headline, trus message-nya jg diubah skalian ya! yg lbh menjual gitu. hari ini bisa kelar kan?? :p

2. yok tadi klien udah mutusin kalo visual dari mereka aja (setelah revisi ke-7 dan art-director udah nekat makan kaos kaki) jadi lu langsung kasih headline-nya. gampang kan? tinggal ngata-ngatain doang! oke? :(

3. (email yg dikirim AE ke klien) "Berikut kami kirimkan 3 alternatif print ad, mohon revisi-nya" :|

shera said...

da juga seorang Ass AD di agency lokal bilang sama team creative "Pokoknya yg award winning look gitu deh" huahhahahaha....DEFINE award winning in perspective account...eehhmmm *think harder*

kuli ahensi said...

namanya juga client service.... men-service klien

16. semua brief tulisannya URGENT!!! (tanda serunya bererot)

17. Pokoknya klien nya mintanya seperti itu....

18. ??????

Micki Mahendra said...

wahh...kalo gue mah...
dulu jamannya jadi AE ya:
pokoknya elo buatnya gini aja...ini diginiin..itu digituinn..nahh...tapi terserah elo sih..kalo mau buat yang lebih bagus

Pas jadi AM: gue ngomong deh ama AE gue, elo buat brief yaaa...

Pas jadi scriptwriter: Jadi AE lagi deh, tapi buat diri sendiri..

pas nge direct: Jadi segala macem, secara kantor sendiri...

Pas nulis novel:...nah ini enak...terserah gue sendiri...
(gak relevan ya??) pokoknya gitu dehh...

Neng Keke said...

Saaaaaahhhhhhhh... Micky show off!!! :p :p :p

Farika said...

linda: yah...gimana ya lin hihih

aryosaloko: komenmu bikin aku ngakaaaak :)))

shera: siapakah ituuu? :D

kuli ahensi: curcol ko nanggung bgt sih :)

micki: duh kamu emang hebat banget ya :)

keke: hus!! bangga dong punya temen hebat, ke! :)