Saturday, July 06, 2019

Doc. Rocksy Menjelaskan:

"..... Semua dicatat. Misal hanya kedip-kedip, hanya gerakan mulut, sempat sampai tidak sadar, sampai terjatuh, kepala kebentur, sampai ngompol. ... Pencetus bisa misal abis marahan, abis makan es krim, ... Rame banget? Oksigen cukup? Karena berisik suara? ...

... Kejang sangat dipicu oleh psikologis. Waktu kita lagi marah, lagi sedih, lagi gelisah, lagi khawatir, bisa muncul. Itu kan areanya di otak deketan. Di EEG jelas nih! Kenanya di temporal nih ya! Temporal tuh ada memori, di situ juga ada bahasa, kemudian deket lagi di situ ada perilaku. Termasuk marah atau sedih atau apa, itu ada di situ. Di Limbic system-nya. 

... Kapan-kapan ajak sahabatnya dong ke sini! Untuk kasus seperti ibu saya memang harus lihat dari kacamata orang lain, bukan cuma kacamata pasien. Jadi apakah ini suatu hal yang justru menunjukkan perbaikan jadi ibu sudah lebih alert, jadi lebih sensitif, jadi lebih bisa membaca suasana, udah ngga terlalu pelupa. Kalau dulu kan yang betul-betul mungkin ngga enak tapi besok-besok lupa ngga enaknya kenapa! Kalau sekarang ngga enak, tetep ngga inget tapi ngerasa tetep ngga enak nih! Atau kedua ini malah tanda ngga bagus nih! Mulai muncul kaya halusinasi. Misal jadi banget curiga. Ini yang kita perlu kacamata orang lain. Mungkin memorinya sudah bisa memilah mana yang benar-benar harus diingat, mana informasi yang ngga penting. 

... Sebagian besar kasus NMDAR Encephalitis Autoimmune ini memang ada underline psikologis. Teratasi justru karena lupanya. Kalau sudah mulai inget-inget lagi, suka meneliti sendiri, mikir sendiri, bikin asumsi sendiri, bisa malah bikin tambah sakit. Campur tangan keluarga harus masuk.  

... Emosi, memori, kejadian berat bisa menjadi underlying-nya. Buat apa mengungkit sesuatu yang bikin luka... Ada pasien saya 14 tahun, kakanya baru meninggal, dia merasa bersalah banget sampai bilang kenapa ngga saya aja yang meninggal, kenapa mesti koko. Jadi bener-bener kejang dan lupa-lupa. Persis kaya ibu. Ngga inget apa-apa. Mereka cari konseling ke pendeta juga. Konseling ke psikolog boleh juga.

... Obat-obat epilepsi biasanya sih tidak merusak sistem pendengaran karena memang untuk pengobatan jangka panjang. 

... Anaknya pinter banget ko! Justru itu bisa mengasah sensitifitasnya. Social skill-nya lebih baik, lebih bisa punya empati. 

... Kiri kenanya. Bahasa. Jadi susah untuk mengungkap kata. Di temporal.

... Coba pakai ini deh! Virgin coconut oil paling baik buat otak. Penelitian terbaru, besar, tahun ini keluar: extra virgin coconut oil ngalahin olive oil. 1 sendok sehari."

Yesterday's check up with dr. Rocksy was...fun! :)) We had a conversation like almost for an hour! I poured my heart out to her, asked her questions which had been bothering my mind and my curiosity for these last 3 months... We basically talked like 2 BFFS. From meals I can cook to important stuff that are secretive to share to anybody but her. All that's missing was cups of coffees and a plate of calamari :)) All in all, waiting for hours in the hospital was totally worthy! dr. Rocksy ├╝ber alles! :)


No comments: