Monday, June 29, 2009

Tragedi Buah Apel

Beberapa hari yang lalu aku belanja di Kem Chicks Pacific Place. Pas lagi masuk-masukin kantong belanjaan ke trolley, I heard 2 middle aged/old women talking with quite loud voices. Salah satu dari mereka lagi megangin apel warna merah. Yang satu lagi megang kantong belanjaan. Di depan mereka ada petugas Kem Chicks cowo bermuka bingung sambil cengengesan panik :D Aku kira mereka lagi ngomelin si petugas Kem Chicks. Tapi ko pake nunjuk-nunjuk ke spanduk segala ya? Ngga biasanya aku penasaran. Akhirnya aku pasang telinga. Ngga lama kemudian aku ngabur sambil dorong trolley yang isinya Kukka & kantong belanjaan. Sambil ngabur, aku ngakak sendiri. Well, ngga sendiri banget sih! Kukka was there but that’s irrelevant :D Want to know what I’ve heard? Begini kira-kira (promosi benerannya aku lupa :D) :

Ibu 1: Ngga bisa begitu dong, mas! Saya kan cuma ngikutin apa kata promosi di sini!

Mas Kem Chicks: Iya, bu. Tapi buahnya tertentu saja. Apel itu tidak termasuk.

Ibu 2: Lho! Gimana sih, mas! Yang bener dong kalo promosi!

Mas Kem Chicks: Iya, bu. Mohon maaf. Mungkin bisa diganti dengan buah yang lain?

Ibu 1: Ogah ah! Saya maunya ini! Liat tuh! Di gambar itu juga ada buah apelnya kan? Ada 4 biji! Berarti saya boleh dong ambil 4! *nunjuk gambar kantong belanjaan isi buah apel 4 biji & buah lain*

Mas Kem Chicks: Tapi itu cuma gambar, bu... Promosi sebenarnya itu...

Ibu 2: Salah situ dong! Bikin gambar kok ngga konsisten sama promosi yang situ bikin! Gimana sih! Kita sih ngikutin gambar aja! Di gambarnya begitu, ya udah begitu!

I looked up & there it was. Banner promo dengan headline besar & gambar kantong belanjaan besar berisi buah-buahan. Aku yakin si art director ato siapapun yang bikin banner itu ngga bakalan nyangka bahwa hasil disainnya jadi masalah kaya gini :D Siapa sangka, akan ada customer yang minta PERCISSS seperti yang ada di gambar! Sampe ke jumlah, jenis & warnanya!! :)))

Udah setaun lebih aku ninggalin dunia akhensi & ngga sekalipun pernah kangen sama salah satu kliennya :D Tapi gara-gara insiden ini aku jadi pengen minta maaf.

Maaf kalo aku sering mikir bahwa klien suka mengada-ngada.
Maaf aku suka nganggap kekhawatiran klien sering amat sangat berlebihan.
Maaf kalo aku pernah nuduh klien suka nganggap konsumen bodoh.
Maaf kalo aku sering nganggap klien suka ngga make sense keinginannya.
Maaf kalo aku sebel sama klien yang ngerasa ngerti banget isi otak konsumen.

Maaf maaf maaf. Ternyata Anda benar.

Di luar sana, ternyata ADA orang-orang yang seperti si Ibu 1 & Ibu 2. Sekarang aku percaya. Peace ya! :D


3 comments:

andy said...

tapi, tapi, tapi....kenapa tags nya ada wtf nya?
huehehhehe...peace juga ah :-D

andy said...

anyway, tragedi buah apel, ...jd keinget jadul, Anita siapa tu yg nyanyiin.... :-D

beingindy said...

Gue kerja di ritel (dan dulu copywriter). Ya ampun.. It's a bit beyond belief, sometimes. But yeah, mengiklankan sesuatu itu persoalan sensitif.

Oh, one more thing, gue juga konsumen! Kadang tergantung mood sih kalo soal ngotot-ngototan. Hihi..

*kedipkedip ke Kukka