Monday, November 09, 2015

Doc Rocksy Menjelaskan

Karena kejang makin sering, dr. Rocksy berpikir obat yang udah dikonsumsi masih kurang efektif. Awalnya ngga terlalu banyak dilaporkan kejang dan kita semua lebih concern ke memori. Malah dari hasil pertemuan terakhir ada hipotesis bahwa justru karena memori udah semakin baik, kejang justru jadi semakin sering. Karena dengan membaiknya memori, udah mulai ingat masalah yang lagi dihadapi, mikir jadi tambah macem-macem dan justru membuat jadi lebih stress. 

Target berikutnya adalah sebisa mungkin nggak ada kejang! Dan Twitching abortif ngga perlu dikhawatirkan karena listrik di otak tetap cukup stabil. 

dr. Rocksy berteori bahwa dalam 10 tahun lagi otak kita akan berevolusi. Entah gimana internet ngga bisa dianggap remeh! Keberadaannya benar-benar sangat mempengaruhi otak. Kemampuan manusia untuk bisa mengingat dan untuk berkonsentrasi akan jauh menurun. Di samping itu, sebaliknya kemampuan untuk mengolah informasi jadi jauh lebih cepat. Ke depannya, kita udah ngga punya validasi standar normal karena orang bisa jadi sangat bervariasi. Pada akhirnya semua akan dianggap normal selama ngga menganggu keseharian.  

Yang harus juga diwaspadai juga adalah penggunaan komputer dan handphone karena adanya stimulasi cahaya. Kadang-kadang terlalu terang, kadang-kadang terlalu cepat geraknya. Semua itu bisa memicu kejang. Kalau mau pakai komputer atau handphone, pengaturan brightness sebaiknya jangan terlalu terang. Hindari exposure terhadap cahaya. Pasien yang ada riwayat kejang, jangan terlalu terekspos oleh cahaya. Brightness sebaiknya distel di level setengah kurang dikit. 

#BIGSIGH 

Memoriku memang belum seperti yang diharapkan tapi semua (keluarga dan teman) udah bisa menerima kondisiku, which is good. Soal ke Psikolog, dari awal dr. Rocksy udah mendukung dan akan memberikan rekomendasi. 

Bedanya Psikolog dan Psikiater: Psikolog belum sampai tahap sakit, masih tahap kejiwaan dan tidak memberikan obat. Kalau sudah mengganggu kesehatan, pasien baru datang ke Psikiater. Psikiater itu dokter, Psikolog bukan.

Well... Turned out my health is not yet as good as expected. But still, I am very grateful for today... Had a very informative session with my doctor like always and of course, the highlight of the day was: 

I got to spend time with my beloved big brother #kisskiss 




No comments: